Mengapa Yesus disebut Anak Allah ?



Kita pengikut Yesus tahu dan mengakui dan percaya bahwa Yesus berasal dari Allah dan Yesus sendiri adalah Allah. Tetapi mengapa dalam Alkitab Yesus disebut Anak Allah ? Murid-murid Yesus sendiri-pun mengakui dan menyebut Yesus sebagai Anak Allah dan Yesus pun mengatakan bahwa Dia adalah Anak Allah. 

Penyebutan Yesus adalah Anak Allah inilah yang seringkali membuat orang khususnya non kristiani menganggap bahwa Tuhan-nya orang kristen itu beranak. Padahal tidaklah demikian.

Kita tidak dapat melihat gambar dan rupa Tuhan (Bapa) secara langsung tetapi kita dapat melihatnya melalui Firman dan Roh-Nya yang secara kedagingan sama dengan manusia tetapi roh-Nya adalah Roh Tuhan yaitu Yesus Kristus sebagaimana dalam Yohanes 1:14 dikatakan bahwa "Firman itu telah menjadi manusia" dan dalam Lukas 4:18 Yesus berkata "Roh Tuhan ada pada-Ku". 

Dalam Roma 8:14 dikatakan bahwa semua orang yang dipimpin Roh Allah adalah Anak Allah (disebut Anak Allah)

Yesus disebut Anak Allah bukan karena Allah beranak tetapi karena Yesus dipimpin oleh Roh Allah. 

Jika demikian, mengapa tidak langsung saja disebut Yesus adalah Allah atau Yesus mengatakan bahwa Aku adalah Allah ?

Demikian penjelasannya :

Sebagaimana dalam Roma 8:14 dikatakan bahwa semua orang yang dipimpin Roh Allah adalah Anak Allah (disebut Anak Allah) maka jika Yesus disebut Allah karena dipimpin oleh Roh Allah maka semua orang yang dipimpin oleh Roh Allah akan disebut juga Allah.

Itulah sebabnya Yesus tidak sebut Allah oleh murid-murid-Nya atau Yesus sendiri mengatakan bahwa Aku adalah Allah. 


Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin


Estomihi FP Simatupang


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Yesus disebut Anak Allah ?"

Post a Comment