Pupuk pada setiap fase pertumbuhan Tanaman

Pupuk pada setiap fase pertumbuhan Tanaman
oleh estomihi fp simatupang, SH



Tujuan pemberian pupuk bagi tanaman adalah untuk memenuhi kebutuhan hara tanaman agar dapat berproduksi dengan baik, sehingga tanaman dapat bertumbuh dan berkembang serta menghasilkan buah yang banyak.

Pemberian pupuk dan dosis yang salah akan berdampak buruk bagi tanaman seperti tanaman menjadi mati atau menjadi sulit untuk berbuah. Untuk itu pemberian pupuk susulan haruslah memperhatikan fase pertumbuhan tanaman.

Dalam dunia pertanian, ada dua jenis pemberian pupuk, yaitu: pupuk dasar dan pupuk susulan. Pupuk dasar adalah pupuk yang diberikan pada saat awal pengolahan dan persiapan lahan sebelum penanaman dimulai, sedangkan pupuk susulan adalah pupuk yang diberikan setelah masa (pasca) tanam.

1. Masa pertumbuhan awal (vegetatif)

Pada masa ini tanaman memerlukan pupuk yang dapat merangsang pertumbuhan tunas baru, daun muda dan mempercepat pertumbuhan vegetatif dan meningkatkan pembentukan klorofil daun. Jenis pupuk yang diperlukan adalah pupuk dengan kandungan Nitrogen (N) lebih besar dibanding unsur hara lainnya.

2. Masa pembungaan (generatif)

Pada masa ini tanaman memerlukan pupuk yang dapat meningkatkan perkembangan generatif tanaman dan merangsang pertumbuhan bunga dan buah. Jenis pupuk yang diperlukan adalah pupuk dengan kandungan fosfor (P) dan kalium (K) lebih besar dibanding unsur hara lainnya.

3. Masa pengisian buah

Pada masa ini tanaman memerlukan pupuk yang dapat membesarkan dan meningkatkan kwalitas buah. Jenis pupuk yang diperlukan adalah pupuk dengan kandungan kalium lebih besar dibanding unsur hara yang lainnya.


Pemberian pupuk yang tepat pada setiap fase pertumbuhan tanaman akan meningkatkan kwalitas dan buah tanaman. Hal ini memberikan keuntungan dari biaya yang dikeluarkan. 

Banyak orang tidak memahami hal ini, sehingga mereka melakukan pemupukan sesuka hati mereka tanpa memperhatikan jenis dan komposisi pupuk apa sebenarnya yang sedang diperlukan tanaman. 

Demikian juga dengan kita, sama seperti halnya dengan tanaman bahwa kita juga memiliki fase pertumbuhan yaitu fase bertumbuh, fase berkembang dan fase berbuah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pupuk pada setiap fase pertumbuhan Tanaman"

Post a Comment